Beranda > Tips & Trik > PENGEMBANGAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MYOB ACCOUNTING PADA MATA KULIAH KOMPUTER AKUNTANSI

PENGEMBANGAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MYOB ACCOUNTING PADA MATA KULIAH KOMPUTER AKUNTANSI

1. Pendahuluan
Sejalan dengan tuntutan era global yang bertumpu pada kemampuan profesional, aktivitas pembelajaran di lembaga-lembaga pendidikan tinggi tidak hanya difokuskan pada upaya mendapatkan pengetahuan secara teori sebanyak-banyaknya, tetapi juga harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran diharapkan dapat menciptakan kemampuan profesional di bidang tertentu yang sangat penting artinya bagi pelajar dan masa depannya. Para ahli pembelajaran umumnya sependapat bahwa kemampuan dasar profesi dalam batas-batas tertentu, dapat dibentuk dan dikembangkan melalui kegiatan belajar bidang studi dan disiplin ilmu yang diajarkan (Suharsono, 2001:124). Namun perkembangan teknologi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu  menuntut semakin kompleksnya akan pemahaman kombinasi dari bidang ilmu dan perkembangan teknologi yang menyertainya.

Tenaga profesional di bidang akuntansi yang merupakan lulusan dari Jurusan  Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja juga memerlukan kemampuan profesional dalam pemanfaatan teknologi untuk dapat tetap eksis di dalam menghadapi tuntutan era global. Berbagai perkembangan teknologi sudah selayaknya dapat dimanfaatkan guna meningkatkan kompetensi di bidang akuntansi. Salah satu mata kuliah yang mengkaji kombinasi bidang ilmu akuntansi dan perkembangan teknologi adalah mata kuliah Komputer Akuntansi. Penguasaan mahasiswa dalam mata kuliah ini ditujukan  supaya mahasiswa dapat mengkombinasikan perkembangan teknologi dengan bidang ilmu akuntansi guna memecahkan berbagai siklus akuntansi  pada berbagai jenis bidang usaha yang ada baik untuk perusahaan jasa, dagang maupun untuk perusahaan manufaktur.

Dalam  kenyataan di lapangan selama proses pembelajaran berbagai permasalahan kompleks muncul di dalam upaya penguasaan mahasiswa terhadap pemahaman mata kuliah Komputer Akuntansi dalam menyelesaikan siklus akuntansi.  Karakteristik  mata kuliah yang menuntut kemampuan kompleks dari mahasiswa menyebabkan penguasaan akan ilmu tersebut menjadi agak sulit. Dalam mata kuliah Komputer Akuntansi proses transfer pengetahuan menjadi sangat kompleks mengingat bukan hanya tentang komputer saja yang dikaji namun berbagai pemahaman bidang akuntansi terlebih dahulu harus sudah dipahami termasuk sistem informasi akuntansi. Belum lagi permasalahan kemampuan penggunaan komputer yang menuntut pemahaman mahasiswa akan sistem komputer ditambah permasalahan klasik seperti keterbatasan waktu. Permasalahan ini dapat dibuktikan dengan pengalaman pembelajaran di tahun–tahun sebelumnya. Mahasiswa yang memperoleh nilai maksimal (A dengan rentang nilai antara 85 s.d. 100) tidak sampai 8% dari total peserta, bahkan di setiap semester ada saja yang tidak lulus ditambah lagi dengan kendala keterbatasan waktu menyebabkan waktu belajar menjadi kurang efektif sehingga dalam satu semester selalu terjadi penambahan waktu perkuliahan bahkan penambahan waktu tersebut sampai tiga kali pertemuan dalam satu semester.

PESAN SEKARANG

Makalah ini sangat cocok bagi para mahasiswa yang sedang mencari tugas kuliah. Dan bisa di gunakan untuk belajar mendalami materi kuliah atau tugas yang sedang di kerjakan. Saya yakin Anda akan mendapatkan Nilai A dari dosen serta dapat di gunakan untuk belajar setiap saat.

ISI MAKALAH

  • PENGEMBANGAN PROBLEM BASED LEARNING
  • DENGAN  MYOB ACCOUNTING PADA MATA KULIAH  KOMPUTER AKUNTANSI
  • ABSTRAK
  • 1. Pendahuluan
  • 2. Metode Penelitian
  • 3.  Hasil Penelitian dan Pembahasan
  • 3.1  Tahap Determinasi Masalah  (Problem Determination)
  • 3.2  Tahap Desain (Design)
  • 3.3  Tahap Pengembangan (Development)
  • 3.4  Pelaksanaan Uji Coba di kelas
  • 4.  Penutup

DAFTAR PUSTAKA

CARA PEMESANAN: Silahkan pesan dengan cara memilih salah satu di bawah ini. Akan segera saya kirimkan ke Email anda secepatnya setelah konfirmasi pembayaran melalui sms.

PILIH SALAH SATU SAJA
–> Isi Pulsa Rp 25,000 Ke Nomor 085730190092
–> Cara lain dapat mengisi pulsa elektrik Rp 25,000
Atau transfer uang Rp 25,000 ke:
–> BNI: 0152388419
–> Semua atas Nama: Rifaun Na’im
Pilih salah satu cara di atas, kemudian kirim konfirmasi pembayaran ke nomor 085730190092

ADA YANG MUDAH, BUAT APA NGERJAIN SUSAH-SUSAH
MAKALAH INI TERDIRI DARI 12 HALAMAN BERUPA MS.WORD
SILAKAN PESAN SEKARANG HANYA RP 25,000

Mari, buruan sebelum harga kami naikkan dan terus naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Sudah 40 orang yang memesan makalah ini sesuai judul di atas.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: