Beranda > Makalah, Materi kuliah, Pendidikan > MAKALAH KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS

MAKALAH KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS

BAB I
PENDAHULUAN

1.    Latar belakang masalah

Kegiatan belajar mengajar yang melahirkan interaksi unsur-unsur manusiawi adalah suatu proses dalam mencapai tujuan pengajaran.
Dalammencapai tujuan pengajaran maka diperlukan interaksi antara pendidik dengan anak didknya. Pendidik berusaha mengatru lingkungan belajar bagi anak didik
Untuk itu bagi pendidik diperlukan pemilihan strategi dan metode mengajar yang tepat sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien dalamproses belajar mengajar.

Pengelolaan kelas merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai guru. Pengelolaan kelas berbeda dengan pengelolaan pembelajaran. Pengelolaan pembelajaran lebih menekankan pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dalam suatu pembelajaran. Sedangkan pengelolaan kelas lebih berkaitan dengan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar (pembinaan rapport, penghentian perilaku peserta didik yang menyelewengkan perhatian kelas, pemberian ganjaran, penyelesaian tugas oleh peserta didik secara tepat waktu, penetapan norma kelompok yang produktif), didalamnya mencakup pengaturan orang (peserta didik) dan fasilitas

Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa, dan tugas guru adalah sebagian besar terjadi dalam kelas adalah membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal. Yang berhubungan dengan minat, kehendak, percakapan, kegiatan-kegiatn mereka sekaligus berhubungan dengan sarana dan prasarana pengajaran yang digunakan dalam PBM.

PESAN SEKARANG

Makalah ini sangat cocok bagi para mahasiswa yang sedang mencari tugas kuliah. Dan bisa di gunakan untuk belajar mendalami materi kuliah atau tugas yang sedang di kerjakan. Saya yakin Anda akan mendapatkan Nilai A dari dosen serta dapat di gunakan untuk belajar setiap saat.

ISI MAKALAH

  • KATA PENGANTAR
  • DAFTAR ISI
  • BAB I
  • PENDAHULUAN
  • 1.    Latar belakang masalah
  • 2.    Rumusan Masalah
  • Masalah yang akan diangkat dalam makalah ini
  • 3.    Tujuan Penulisan
  • BAB II
  • PEMBAHASAN
  • KETERAMPILAN DALAM PENGELOLAAN KELAS
  • A.    Hakekat pengelolaan kelas
  • 1.    Pengertian
  • 2.    Pengelolaan dan Pembelajaran
  • 1.    Keterampilan Yang Berhubungan Dengan Penciptaan Dan Pemeliharaan Kondisi Belajar Yang Optimal ( Bersifat Preventif )
  • a.    Sikap Tanggap
  • b.    Membagi perhatian
  • c.    Pemusatan perhatian kelompok
  • 2.    Keterampilan Yang Berhubungan Dengan Pengembangan Kondisi Belajar Yang Optimal
  • a.    Modifikasi tingkah laku
  • b.    Pendekatan pemecahan masalah kelompok
  • c.    Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah
  • 1.    Masalah Individual :
  • 2.    Masalah Kelompok :
  • Beberapa pendekatan yang dapat dilakukan
  • a.    Behavior – Modification Approach (Behaviorism Apparoach)
  • b.    Socio-Emotional Climate Approach (Humanistic Approach)
  • c.    Group Process Approach
  • B.    Pengelolaan Kelas Perspektif Baru
  • A.    Komponen – komponen pengelolaan kelas
  • BAB III
  • PENUTUP
  • Kesimpulan
  • DAFTAR PUSTAKA

CARA PEMESANAN: Silahkan pesan dengan cara memilih salah satu di bawah ini. Akan segera saya kirimkan ke Email anda secepatnya setelah konfirmasi pembayaran melalui sms.

PILIH SALAH SATU SAJA
–> Isi Pulsa Rp 25,000 Ke Nomor 085730190092
–> Cara lain dapat mengisi pulsa elektrik Rp 25,000
Atau transfer uang Rp 25,000 ke:
–> BNI: 0152388419
–> Semua atas Nama: Rifaun Na’im
Pilih salah satu cara di atas, kemudian kirim konfirmasi pembayaran ke nomor 085730190092

ADA YANG MUDAH, BUAT APA NGERJAIN SUSAH-SUSAH
MAKALAH INI TERDIRI DARI 12 HALAMAN BERUPA MS.WORD
SILAKAN PESAN SEKARANG HANYA RP 25,000

Mari, buruan sebelum harga kami naikkan dan terus naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Sudah 40 orang yang memesan makalah ini sesuai judul di atas.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar