Beranda > Islami, Makalah, Materi kuliah > MAKALAH AGAMA ISLAM “ RELEVANSI AKIDAH DAN SYARI’AT ISLAM ”

MAKALAH AGAMA ISLAM “ RELEVANSI AKIDAH DAN SYARI’AT ISLAM ”

Latar belakang masalah
Saat ini banyak sekali generasi muda yang hanya mengikuti ajaran agama islam tanpa mengerti dan memahami kaidah – kaidah yang tercantum dalam syari’at islam  itu sendiri. Banyak diantara mereka yang hanya mengikuti semua yang diajarkan oleh orang tua mereka. Tetapi pertanyaan nya disini apakah semua yang diajarkan oleh orang tua mereka tersebut sudah sesuai dengan syariat islam ?,tentu ini merupakan sebuah masalah yang perlu dikaji lebih jauh sehingga di dalam masyarakat kita tidak terjadi kesalahan di dalam upaya kita semua untuk mencari ridho dari Allah Swt. yang merupakan tujuan utama  kita sebagai manusia hidup di dunia ini.

Akidah mempunyai satu relevansi yang kuat terhadap syari’at islam itu sendiri. Mengapa demikian,karena dari arti kata akidah itu sendiri yang berarti“ kepercayaan”,kepercayaan yang dimiliki oleh setiap manusia. Tentu saja setiap manusia memiliki akidah(kepercayaan) yang berbeda antara satu dengan yang lain. Sebagai kaum muslim tentu saja akidah kita hanya tertuju kepada Allah azza wa jalla sang pencipta langit dan bumi beserta isinya ini. Tiada yang pantas menyamai keagungan dan kebesaran Allah Swt. Tiada sekutu bagi-Nya karena Allah swt. Maha Esa. Oleh sebab itu disini kita perlu mengkaji lebih dalam mengenai akidah kita, tentu saja kita sebagai umat islam yang mengerti tentang ajaran –ajaran islam tidak mau terjerumus ke dalam lembah kesesatan yang merupakan buah hasil akidah kita yang tidak benar(salah),yang tidak sesuai dengan syari’at islam yaitu al qur’an dan al hadist.

Manusia sebagai hamba Allah Swt. yang memilki derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahkluk ciptaan-Nya yang lain, karena manusia di anugerahkan akal dan pikiran sehingga dapat berfikir mana yang benar dan mana yang salah. Tentu saja itu tergantung dari setiap individu manusia itu sendiri untuk berfikir tentang kebenaran, termasuk kebenaran mengenai akidah(kepercayaan)nya. Oleh sebab itu kita dapat menyimpulkan bahwa sudah seharusnya kita sebagai umat muslim benar – benar memiliki akidah yang kuat akan Allah Swt. Sehingga tidak ada keraguan sedikit pun dari diri kita yang akan melemahkan akidah kita kepada Allah Swt. Untuk itu jangan sampai kita sebagai kaum muslimin melakukan tindakan tindakan yang bersifat syrik atau menyekutukan Allah Swt. seperti yang sering terjadi di masyarakat kita pada umumnya.

Oleh sebab itu makalah ini disajikan untuk menjelaskan mengenai akidah islam yang berkembang di masyarakat sesuai dengan syari’at islam yang bersumber dari al qur’an dan al hadist. Materi materi yang di bahas di berikan penjelasan mengenai hukum – hukum mengenai  tindakan tindakan yang akan merusak akidah keislaman kita kepada Allah Swt.

PESAN SEKARANG

Makalah ini sangat cocok bagi para mahasiswa yang sedang mencari tugas kuliah. Dan bisa di gunakan untuk belajar mendalami materi kuliah atau tugas yang sedang di kerjakan. Saya yakin Anda akan mendapatkan Nilai A dari dosen serta dapat di gunakan untuk belajar setiap saat.

ISI MAKALAH
I.    Sampul …………………………………………………………………………………………. 1
II.    Kata Pengantar …………………………………………………………………………….. 2
III.    Daftar Isi ………………………………………………………………………………………. 3
IV.    Pedahuluan  ………..……………………………………………………………………….. 4
1.    Latar Belakang Masalah ………………………………………………………….. 4
2.    Rumusan Masalah …………………………………………………………………… 5
V.    Pembahasan …………………………………………………………………………………  6
1.    Islam terdiri dari akidah dan syari’at ……………………………………….  6
2.    Pengertian akidah …………………………………………………………………… 6
3.    Akidah-akidah asasi di dalam islam ……………………………………….… 6
4.    Pengertian syari’ah …………………………………………………………………. 7
5.    Relevansi akidah dengan syari’at islam …………………………………… 7
6.    Kesan akidah islam …………………………………………………………………. 8
7.    Implementasi akidah dalam kehidupan sehari-hari ………………… 9
VI.    Penutup ………………………………………………………………………………………. 11
VII.    Daftar Pustaka ……………………………………………………………………………..

CARA PEMESANAN: Silahkan pesan dengan cara memilih salah satu di bawah ini. Akan segera saya kirimkan ke Email anda secepatnya setelah konfirmasi pembayaran melalui sms.

PILIH SALAH SATU SAJA
–> Isi Pulsa Rp 20,000 Ke Nomor 085730190092
–> Cara lain dapat mengisi pulsa elektrik Rp 20,000
Atau transfer uang Rp 20,000 ke:
–> BNI: 0152388419
–> Semua atas Nama: Rifaun Na’im
Pilih salah satu cara di atas, kemudian kirim konfirmasi pembayaran ke nomor 085730190092

ADA YANG MUDAH, BUAT APA NGERJAIN SUSAH-SUSAH
MAKALAH INI TERDIRI DARI 12 HALAMAN BERUPA MS.WORD
SILAKAN PESAN SEKARANG HANYA RP 20,000

Mari, buruan sebelum harga kami naikkan dan terus naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Sudah 30 orang yang memesan makalah ini sesuai judul di atas.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: