Beranda > Islami, Materi kuliah > Tinjauan Ibadah Mahdhoh

Tinjauan Ibadah Mahdhoh

Sebagaimana telah dimaklumi bahwa dalam beragama manusia memiliki hubungan baik dengan Allah (habluminAllah) dan dengan sesama manusia (habluminannas). Kemudian ada komunikasi yang mendatar (horizontal)yang disebut dengan muamalah, sedangkan komunikasi vertikal dengan yang diatas disebut ibadah mahdhah. Dalam ibadah mahdhah peran rohani sangat dominan sehingga seseorang memiliki keyakinan dekat dengan Allah. Sehingga akan memperoleh ketentraman perasaan damai dan mempunyai semangat dalam hidup.

Sebaliknya bagi orang yang tidak beribadah tidak memiliki pedoman atau tempat memohon sehingga bila ditimpa oleh masalah ia merasa panik karena rohaninya kosong dan ia mudah terjerumus ke jalan yang sesat. Dengan demikian sesungguhnya beribadah bukan berpengaruh kepada Allah tetapi kembali kepada hamba itu sendiri.

Karenanya kesadaran akan keberadaan rohani atau jiwa manusia mengantarkan manusia pada kesadaran untuk menggapai sang pencipta dan sudah menjadi fitrah manusia untuk menjaga kebersihan jiwa dari berbagai kotoran hati. Karena itu manusia senantiasa mengadakan hubungan khusus dengan-Nya. Seperti tergambar dalam surah Al-An’am ayat 162.

Ibadah mahdahah [khusus] bersifat tetap dan mutlak. Manusia tinggal melaksanakannya sesuai dengan peraturan dan tuntunan yang ada, tidak boleh menambah atau mengurangi, misalnya puasa di bulan Romadhon sebulan penuh, tidak boleh diganti pada bulan lain ataupun hanya dikerjakan sepuluh hari saja. Ataupun hanya dikerjakan pada awal dan akhir bulan romadhon. Hal ini melanggar dari ketentuan atau aturan ibadah mahdhah. Dengan demikian ibadah yang dilakukan seperti itu tertolah atau tidak syah.

PESAN SEKARANG

CARA PEMESANAN: Silahkan pesan dengan cara memilih salah satu di bawah ini. Akan segera saya kirimkan ke Email anda secepatnya setelah konfirmasi pembayaran melalui sms.

PILIH SALAH SATU SAJA
–> Isi Pulsa Rp 10,000 Ke Nomor 085730190092
–> Cara lain dapat mengisi pulsa elektrik Rp 10,000
Atau transfer uang Rp 10,000 ke:
–> BNI: 0152388419
–> Semua atas Nama: Rifaun Na’im
Pilih salah satu cara di atas, kemudian kirim konfirmasi pembayaran ke nomor 085730190092

MATERI INI TERDIRI DARI 6 HALAMAN BERUPA MS.WORD
SILAKAN PESAN SEKARANG HANYA RP 10,000

Mari, buruan sebelum harga kami naikkan dan terus naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Sudah 30 orang yang memesan materi ini sesuai judul di atas.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: