Beranda > Islami, Materi kuliah > Salat Sebagai Inti Ibadah

Salat Sebagai Inti Ibadah

Ibadah salat merupakan salah satu sendi ibadah yang penting dan menjadi landasan bagi seorang muslim untuk berperilaku dalam kehidupan sosialnya. Hal ini disebabkan bukan saja karena salat menjadi tiang atau penyangga agama, namun juga karena hampir semua perintah salat di dalam Al-Qur’an selalu berkaitan dengan perintah untuk membelanjakan harta, sebagai wujud pengabdian sosialnya kepada Allah swt.

1. Kedudukan Ibadah Salat
Al-Qur’an banyak sekali memuat perintah agar manusia sebagai hamba Allah untuk menegakkan salat dengan memberikan gambaran bahwa orang beriman akan mendapat kebahagiaan yang tinggi apabila dapat menjalankan salat dengan kepenuhan hati yang khusuk.

Perintah salat dengan berbagai variasinya disebut tidak kurang dari 10 kali dalam Al-Qur’an, kesemuanya memberikan gambaran akan pengertian salat yang berarti doa atau kasih sayang (rahmat). Ayat Al-Qur’an ada yang mempersandingkan antara sabar dengan salat sehingga pemaknaannya berarti orang yang berdoa (memohon-meminta) pada hakekatnya meminta kasih sayang (rahmat) sehingga diperlukan hati yang sabar.

Pada ayat yang lain perintah salat disandingkan dengan zakat, dimana zakat berarti bersih dan suci, sehingga pemaknaan salat diartikan sebagai upaya pembersihan hati., jiwa menuju kesempurnaan diri,. Ayat yang memerintahkan manusia untuk melaksanakan salat, sebagai wujud penghambaan kepada Allah swt. antara lain pada surah Thaha ayat 14. “Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakanlah salat untuk mengingat Aku”. (Q.S. Thaha [20] : 14).

Ayat tersebut memberikan tekanan kepada manusia untuk mendirikan salat sebagai perwujudan akan ingatan manusia kepada Tuhan sekaligus wujud dari penghambaan dirinya kepada zat yang paling tepat dan benar untuk kita menghamba tunduk, taat dan patuh kepada-Nya.

Perintah melaksanakan salat, diterima langsung dari Allah swt.. dalam peristiwa Isra Mikraj. Hal ini menunjukkan bahwa salat mempunyai kedudukan yang amat penting dalam Islam dan merupakan pondasi yang kokoh bagi tegaknya agama Islam.

PESAN SEKARANG

CARA PEMESANAN: Silahkan pesan dengan cara memilih salah satu di bawah ini. Akan segera saya kirimkan ke Email anda secepatnya setelah konfirmasi pembayaran melalui sms.

PILIH SALAH SATU SAJA
–> Isi Pulsa Rp 25,000 Ke Nomor 085730190092
–> Cara lain dapat mengisi pulsa elektrik Rp 25,000
Atau transfer uang Rp 25,000 ke:
–> BNI: 0152388419
–> Semua atas Nama: Rifaun Na’im
Pilih salah satu cara di atas, kemudian kirim konfirmasi pembayaran ke nomor 085730190092

MATERI INI TERDIRI DARI 12 HALAMAN BERUPA MS.WORD
SILAKAN PESAN SEKARANG HANYA RP 25,000

Mari, buruan sebelum harga kami naikkan dan terus naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Sudah 30 orang yang memesan materi ini sesuai judul di atas.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: