Beranda > Islami, Materi kuliah > Refleksi Kepemimpinan Umat Islam

Refleksi Kepemimpinan Umat Islam

Pendahuluan
Sudah menjadi sunatullah, bahwa setiap macam mahluk terutama manusia selalu ada yang disebut pemimpin dan yang dipimpin, agar kemauan dan pendapat tidak menjadi berserak-serak, yang pada gilirannya menimbulkan perpecahan, perselisihan, dan rusaknya hubungan dan ikatan. Setiap kelompok yang tidak memiliki pemimpin, kepada siapa orang kembali kepadanya dalam memecahkan kesulitan, niscaya akan mengalami kekacauan, kerisauan, bahkan kebingungan. Pemimpin bagi setiap kelompok merupakan jiwa dan nafasnya. Kalau pemimpin baik, maka akan baiklah kelompok itu,sebaliknya kalau pemimpin buruk, maka akan buruk pulalah kelompok yang dipimpinnya.

Memimpin dalam perspektif Islam menurut Al-Mawardi dalam Al-Ahkam As-Shulthaniyah merupakan proyeksi kerisalahan Nabi dalam hal harasats ad-din (memelihara agama) dan siyasat ad-dunya (mengelola dunia). Dengan kata lain, memimpin dalam lingkungan umat Islam seperti memimpin Muhammadiyah tidak semata-mata mengurus agama dalam makna khusus atau terbatas, tetapi sekaligus mengurus urusan-urusan kehidupan secara keseluruhan.

Karena itu memimpin tidaklah sekedar kekuasaan, tidak pula sebatas formalitas. Memimpin juga bukan terbatas pada pemikiran, tetapi juga semata-mata praktisme. Memimpin juga bukan sekedar sosok atau figur, tetapi tak kalah pentingnya sistem. Pemimpin dan memimpin menjadi sesuatu yang luas cakupan dan prosesnya. Bahkan keterlibatan yang tiada henti atau pergumulan merupakan bagian diri kepemimpinan.Memimpin merupakan perpaduan antara legitimasi ( posisi dan kekuasan ) dengan kompetensi ( kualitas diri) serta aktualisasi ( menjalankan fungsi-fungsi) secara sinergi.

PESAN SEKARANG

CARA PEMESANAN: Silahkan pesan dengan cara memilih salah satu di bawah ini. Akan segera saya kirimkan ke Email anda secepatnya setelah konfirmasi pembayaran melalui sms.

PILIH SALAH SATU SAJA
–> Isi Pulsa Rp 10,000 Ke Nomor 085730190092
–> Cara lain dapat mengisi pulsa elektrik Rp 1o,000
Atau transfer uang Rp 10,000 ke:
–> BNI: 0152388419
–> Semua atas Nama: Rifaun Na’im
Pilih salah satu cara di atas, kemudian kirim konfirmasi pembayaran ke nomor 085730190092

MATERI INI TERDIRI DARI 5 HALAMAN BERUPA MS.WORD
SILAKAN PESAN SEKARANG HANYA RP 10,000

Mari, buruan sebelum harga kami naikkan dan terus naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Sudah 30 orang yang memesan materi ini sesuai judul di atas.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: