Beranda > Islami, Materi kuliah > Kewajiban Membina Keluarga Sakinah

Kewajiban Membina Keluarga Sakinah

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isterimu dari jenismu sendiri supaya kamu merasa cenderung dan merasa tentram kepadaNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat  tanda-tanda kebesaranNya bagi kaum yang berfikir” ( Surah Ar Ruum ayat : 21 ).

Pada ayat ini Allah SWT mengisyaratkan kepada kita empat hal:
1.    Allah menjadikan pasangan suami isteri dari satu jenis: Suami dan isteri adalah pasangan yang hidup berdampingan setiap hari dan malam, suka dan duka. Karena itu harus terdiri dari satu jenis dan tabiat yaitu manusia. Apabila manusia berpasangan hidup dengan makhluk lain seperti dengan jin umpamanya, maka tidak dapat hidup berdampingan karena masing –masing mempunyai keinginan yang berlainan, sehingga maksud pernikahan/ perkawinan itu sendiri tidak tercapai.
2.    Cenderung dan tentram kapada-Nya atau disebut keluarga Sakinah: Ini merupakan buah kesatuan jenis dan tabi’at. Sakinah tumbuh dari kesatuan jenis dan kesamaan tabi’at antara suami dan isteri, sedangkan sandang, pangan, papan, dan pendidikan dan lain-lain, sama-sama dikehendaki sebagai kebutuhan hidup bagi mereka sekeluarga.
3.    Cinta dan kasih sayang: Kasih ( mawaddah ) itu tidak terbatas antara suami dan isteri tetapi juga akan mencakup keluarga kedua belah pihak sehingga perkawinan didukung oleh rasa cinta antara keluarga masing-masing pihak. Apabila suami isteri terikat dengan tali perkawinan maka kedua keluarga terikat dengan tali besanan ( musaharah ). Sayang ( rahmah ) yang terpancar dari lubuk hati yang bersih antara satu dengan lainnya sejak perkawinan, dan membuahkan tanggung jawab dan kesetiaan, akan terus tumbuh apalagi perkawinan itu telah membuahkan anak. Kasih sayang itu bermula dari suami kepada isteri dan sebaliknya isteri kepada suami, maka pada saat ada anak rasa kasih sayang itu semakin bertambah dengan kasih sayang itu semakin bertambah dengan kasih sayang ayah dan ibu kepada anaknya dan seterusnya. Kasih sayang adalah suatu benang halus yang ada dalam hati manusia sepanjang hidupnya. Apabila rasa kasih sayang hilang dari hati seseorang, ia akan tersisih dari keluarganya dan masyarakat umumnya. Karena itu Nabi Muhammad SAW memperingatkan dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari: “Sesungguhnya Aqra bin Habis melihat Nabi Muhammad SAW sedang mencium cucunya Hasan bin Ali, lalu Aqra berkata  “sesungguhnya aku mempunyai 10 anak tetapi saya belum ada seorangpun yang dari mereka yang saya cium, maka Nabi Muhammad SAW bersabda” sesungghnya orang yang tidak mempunyai kasih sayang, maka ia tidak dikasih sayangi”.
Seorang pejabat tinggi menemui kholifah Umar bin Khatab ia sedang melihat Umar mencium anak kecil maka ia merasa heran dan merasa berat sekali untuk itu, tidak lama kemudian ia memecatnya dari jabatannya. Dengan demikian kasih sayang yang berperan  penting  dalam kehidupan manusia baik dalam keluarga,  masyarakat, pemerintahan dan lain sebagainya.

4.    Berfikir:  Allah SWT meminta kita supaya memikirkan tanda-tanda kebesaran-Nya itu merupakan nikmat yang dianugerahkan kepada kita semua, yang melahirkan keluarga sakinah dengan dihiasi cinta dan kasih sayang. Coba kita berfikir seandainya Allah tidak menjadikan pasangan suami isteri dengan yang sejenisnya atau tidak memberikan cinta dan kasih sayang, apakah kita akan menemukan satu rumah tangga yang dihuni oleh keluarga sakinah?

PESAN SEKARANG

CARA PEMESANAN: Silahkan pesan dengan cara memilih salah satu di bawah ini. Akan segera saya kirimkan ke Email anda secepatnya setelah konfirmasi pembayaran melalui sms.

PILIH SALAH SATU SAJA
–> Isi Pulsa Rp 10,000 Ke Nomor 085730190092
–> Cara lain dapat mengisi pulsa elektrik Rp 10,000
Atau transfer uang Rp 10,000 ke:
–> BNI: 0152388419
–> Semua atas Nama: Rifaun Na’im
Pilih salah satu cara di atas, kemudian kirim konfirmasi pembayaran ke nomor 085730190092

MATERI INI TERDIRI DARI 5 HALAMAN BERUPA MS.WORD
SILAKAN PESAN SEKARANG HANYA RP 10,000

Mari, buruan sebelum harga kami naikkan dan terus naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Sudah 30 orang yang memesan materi ini sesuai judul di atas.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: