Beranda > Makalah, Materi kuliah > PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE PADA UNIT RAWAT JALAN POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSU DR. PIRNGADI DI MEDAN

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE PADA UNIT RAWAT JALAN POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSU DR. PIRNGADI DI MEDAN

PENDAHULUAN

Industri jasa (service industry) saat ini berkembang dengan sangat cepat. Persaingan yang terjadi saat ini sangat kompetitif dalam bidang industry ini. Pelayanan yang diberikan antara satu penyedia jasa (service provider) dengan pemberi jasa lainnya sangat bervariatif yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumennya. Salah satu industri jasa yang berkembang dengan sangat cepat di Indonesia adalah industri jasa rumah sakit, baik rumah sakit milik pemerintah maupun milik swasata bahkan milik asing (Arafah, 2004:56).

Industri jasa rumah sakit sebagai salah satu jasa dalam dunia pemasaran dituntut memberikan kualitas optimal atas kinerja yang diberikan kepada konsumen karena konsumen akan memberikan penilaian subjektif atau membentuk persepsi langsung terhadap brand image perusahaan atau penyedia jasa yang bersangkutan. Menurut Lupiyoadi (2001:11), perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa mencoba untuk memperlihatkan Image-nya, karena dengan Image yang bagus maka memberi nilai tambah bagi perusahaan dan juga membuat para konsumen senang dan betah bila kondisi tempat perusahaan itu benar memberikan suasana yang nyaman.

Rumah sakit dalam menawarkan jasa harus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pasiennya dan memiliki perbedaan serta karakteristik masing-masing. Konsumen akan sangat teliti menyeleksi dan sangat memperhitungkan jenis pelayanan yang diberikan rumah sakit tersebut, sehingga hal ini merupakan sebuah tantangan dalam perkembangan industri jasa rumah sakit. Konsumen mengharapkan untuk memperoleh pelayanan/service yang maksimal dari para penyedia jasa dengan menyediakan service yang memuaskan harapan mereka atau bahkan melebihi harapan mereka. Oleh karena itu, manajemen dari industri jasa perlu untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen.

Rumah sakit merupakan pelayanan public yang harus terus-menerus ditingkatkan pelayanannya sampai menuju pelayanan prima, yaitu pelayanan yang customer oriented atau customer focus. Di Indonesia, sebagian besar rumah sakit dimiliki dan diselenggarakan oleh pemerintah, dan sebagian besar rumah sakit pemerintah dimiliki oleh pemerintah daerah, sehingga di dalam penyelenggaraannya sangat erat ketergantungannya dengan sistem kesehatan pemerintah daerah. Di dalam perjalanannya, pemerintah melakukan perubahan bentuk status hukum rumah sakit pemerintah dari Unit Pelaksana Teknis Departemen kesehatan menjadi badan layanan umum milik negara dalam bentuk perusahaan jawatan (perjan) pada tahun 2000 (www.pikiran-rakyat.com). Bentuk status hukum rumah sakit pemerintah kemudian berkembang kembali setelah Menteri Kesehatan RI mengatakan, ”…hendakny  kelembagaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi ”Corporate”…” yang dinilai bahwa hal ini merupakan peluang yang sangat baik untuk memperbaiki citra RSUD yang buruk dihadapan pelanggannya (www.clgi.co.id).

PESAN SEKARANG

Makalah ini sangat cocok bagi para mahasiswa yang sedang mencari tugas kuliah. Dan bisa di gunakan untuk belajar mendalami materi kuliah atau tugas yang sedang di kerjakan. Saya yakin Anda akan mendapatkan Nilai A dari dosen serta dapat di gunakan untuk belajar setiap saat.

ISI MAKALAH

  • Abstract
  • LATAR BELAKANG
  • PERUMUSAN MASALAH
  • KERANGKA KONSEPTUAL
  • HIPOTESIS
  • TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
    1. Tujuan Penelitian
    2. Manfaat Penelitian
  • METODOLOGI PENELITIAN
    1. Batasan dan Identifikasi Variabel Penelitian
    2. Definisi Operasional Variabel
    3. Pengukuran Variabel
    4. Tempat dan Waktu Penelitian
    5. Populasi dan Sampel
    a. Populasi
    b. Sampel
    6. Jenis Data
    1. Data Primer
    2. Data Sekunder
    7. Teknik Pengumpulan Data
    1. Wawancara
    2. Kuesioner
    8. Metode Analisis Data
  • KAJIAN TEORETIS
  • Penelitian Terdahulu
  • Pengertian Rumah Sakit
  • Pengertian Pemasaran Jasa
  • Definisi Kualitas Jasa
  • Pengertian Merek
  • Pengertian Brand Image
  • Sejarah Rumah Sakit Umum Dr. Pirngadi
  • Visi dan Misi
  • ANALISIS DESKRIPTIF
    1. Deskriptif Responden
    Deskriptif responden berdasarkan jenis kelamin
    Deskriptif responden berdasarkan jumlah kunjungan (pengalaman berobat)
    c. Deskriptif responden berdasarkan umur
    d. Deskriptif responden berdasarkan pekerjaan
  • ANALISIS STATISTIK
    1. Pengujian Determinan
    2. Pengujian Hipotesis
    a. Uji Signifikansi Simultan (Uji-F)
    b. Uji Signifikansi Parsial (Uji-t)
  • DAFTAR PUSTAKA

CARA PEMESANAN: Silahkan pesan dengan cara memilih salah satu di bawah ini. Akan segera saya kirimkan ke Email anda secepatnya setelah konfirmasi pembayaran melalui sms.

PILIH SALAH SATU SAJA
–> Isi Pulsa Rp 25,000 Ke Nomor 085730190092
–> Cara lain dapat mengisi pulsa elektrik Rp 25,000
Atau transfer uang Rp 25,000 ke:
–> BNI: 0152388419
–> Semua atas Nama: Rifaun Na’im
Pilih salah satu cara di atas, kemudian kirim konfirmasi pembayaran ke nomor 085730190092

ADA YANG MUDAH, BUAT APA NGERJAIN SUSAH-SUSAH
MAKALAH INI TERDIRI DARI 19 HALAMAN BERUPA MS.WORD
SILAKAN PESAN SEKARANG HANYA RP 25,000

Mari, buruan sebelum harga kami naikkan dan terus naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Sudah 30 orang yang memesan makalah ini sesuai judul di atas.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: