Beranda > Entrepreneur, Makalah, Materi kuliah, Tips & Trik > Hubungan antara persepsi gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional dengan kepuasan kerja karyawan

Hubungan antara persepsi gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional dengan kepuasan kerja karyawan

ABSTRAK
Tujuan utama dari riset ini adalah untuk menguji korelasi antara tanggapan dan transformational persepsi gaya kepemimpinan dan pekerjaan kepuasan pada Kantor Koordinasi Selatan Sumatera Kooperasi Kredit ( Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah Sumatera Selatan). Riset ini teknik percontohan acak yang dipekerjakan. Pokok materi riset ini adalah 100 karyawan. Data telah dikumpulkan penggunaan tiga daftar pertanyaan: kepemimpinan tanggapan, transformational kepemimpinan, dan kepuasan kerja daftar pertanyaan. Data telah dianalisa menggunakan multiple regresi, parsial korelasi, Pearson’S Saat/Momen Produk, dan analisa t-test.

Hasil riset adalah: (1) adalah suatu korelasi yang sangat positif dan penting antar[a] transformational persepsi gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja, (2) ada tidak korelasi negatif dan penting antara gaya kepemimpinan tanggapan persepsi dengan kepuasan kerja, (3) ada suatu [yang] sangat penting dan hal positif korelasi antar tanggapan dan transformational gaya kepemimpinan persepsi dengan kepuasan kerja, dan (4) ada suatu perbedaan yang sangat penting di dalam kepuasan kerja antara pria dan karyawan wanita.

KESIMPULAN
pemimpin transformasional adalah pemimpin yang karyawannya untuk memuncuklan ide-ide baru dan solusi kreatif atas masalah-masalah yang dihadapi.

Hasil penelitian ini pada faktor perhatian individual, yang menunjukkan adanya hubungan positif dan sangat signifikan antara faktor perhatian individual dengan kepuasan kerja (r=0,699; p < 0,01), sejalan dengan pendapat Bass (1990) bahwa  tinggi rendahnya perhatian individual pemimpin dapat dilihat dari tinggi rendahnya kemampuan pemimpin dalam memberikan perhatian secara individual pada kebutuhan untuk berprestasi, dalam menghargai perbedaan individual, dan dalam memberikan pengarahan kepada karyawan. Hasil penelitian ini juga mendukung pendapat ahli lain, yakni Howell dan Hall-Merenda (1999) yang mengatakan bahwa pemimpin transformasional adalah pemimpin yang memiliki kemampuan dalam memberikan perhatian khusus pada kebutuhan setiap karyawan untuk berprestasi dan berkembang.

Hasil penelitian ini pada faktor imbalan kontingen, yang menunjukkan terdapat hubungan negatifdan tidak signifikan antara faktor imbalan dengan kepuasan kerja (r=-0,008; p > 0,05),  sejalan dengan pendapat Bass (1990) yang megatakan bahwa tinggi rendahnya imbalan kontingen pemimpin dapat dan penghargaan atas usaha atau hasil pekerjaan yang telah dilakukan karyawan.

Hasil penelitian ini pada faktor manajemen eksepsi, yang menunjukkan adanya hubungan negatif dan tidak signifikan antara faktor manajemen eksepsi dengan kepuasan kerja (r=-0,190; p > 0,05), sesuai dengan pendapat Bass (1990), yang mengatakan bahwa tinggi rendahnya manajemen eksepsi pemimpin dapat dilihat dari tinggi rendahnya kemampuan pemimpin dalam memberikan pengawasan dan pengarahan jika menemukan penyimpangan atau kegagalan.

Hasil penelitian ini yang menunjukkan adanya hubungan positif dan sangat signifikan antara umur dengan kepuasan kerja (r = 0,632; p < 0,01), mendukung pendapat Mathieu dan Farr (1991) yang berpendapat bahwa ada hubungan yang signifikan atara umur dengan kepuasan kerja.   Selanjutnya, adanya hubungan positif dan sangat signifikan antara tingkat pendidikan dengan kepuasan kerja (r = 0,250; p < 0,01)  pada penelitian ini, sejalan dengan pendapat Kwan dkk. (1997) bahwa tingkat pendidikan berhubungan positif dengan kepausan kerja.

Akhirnya, adanya hubungan positif dan sangat signifikan antara masa kerja dengan kepuasan kerja (r =  0,601; p < 0,01) pada penelitian ini, sesuai dengan pendapat Berry dan Houston (1993) yang mengatakan bahwa masa kerja mempengaruhi kepuasan kerja semakin lama masa kerja maka kepuasan kerja akan semakin meningkat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: