Beranda > Entrepreneur > Ayo jadi wirausaha (Entrepreneur)

Ayo jadi wirausaha (Entrepreneur)

Tantangannya memang berat. Tidak sedikit wirausahawan sempat mengalami jatuh bangun yang parah. Bukan sekali, bahkan berkali-kali. Kapok? Bukan wirausahawan, namanya. Jatuh bangun, jatuh lagi, sampai akhirnya benar-benar merasakan kursi kesuksesan, itu baru wirausahawan sejati. Berikut ini kiatnya, khusus untuk Anda:

Berorganisasi
Menjadi bagian sebuah organisasi dan rajin mengikuti kegiatannya semasa kuliah bisa membantu Anda belajar membentuk sebuah sistem yang terpadu. Pelajaran sederhana berorganisasi adalah kemampuan memimpin (leadership skill). Kelak, seorang wirausahawan akan memimpin sebuah usaha dengan struktur laiknya sebuah organisasi.

Integritas
Disiplin, itulah maksudnya. Disiplin dalam segala hal menyangkut waktu, antara waktu bermain dan belajar misalnya. Kebiasaan ini akan membuat Anda sigap dan leluasa, sehingga tidak pernah sulit mengembangkan usaha ke arah manapun asalkan tepat langkah dan tujuannya.

Jaringan
Networking atau jaringan luas bisa Anda mulai dengan menjaga hubungan baik dari sekarang. Anda dan dosen, serta Anda dan sesama teman kuliah, bahkan penjaga kantin sekalipun.
Secara tidak langsung, jaringan itu akan berkembang di masa depan. Kebiasan berteman dan membuka jaringan teman baru kelak membuat jaringan Anda semakin luas. Ingat, jaringan yang luas adalah syarat sukses Anda menjual usaha Anda sendiri.

Bisnis dan Akutansi
Ada baiknya mengenal pengetahuan dasar-dasar bisnis dan akuntansi. Selain berbekal ilmu di bangku kuliah, Anda pun perlu memahami kedua prinsip tersebut. Sebabnya, ke depan Anda harus siap membuat rencana keuangan yang jelas dan matang. Ini agar perputaran modal Anda tepat, bisa cepat kembali, dan segera marih untung.

Kreatifitas
Anda harus berdaya kreatifitas tinggi. Anda bukan pegawai atau karyawan yang digaji. Anda seorang bos! Anda-lah usaha itu! Untuk itulah, ide usaha Anda harus brilian, yang hanya bisa didapatkan melalui kreativitas tinggi. Alhasil, ide Anda akan selalu segar untuk menjadi the first, different, the best, atau gabungan ketiganya sekaligus. Semua ada di tangan Anda.

Selamat belajar dan berwirausaha !!!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: