Beranda > Islami, Materi kuliah > Hakekat Manusia Menurut Al-Qur’an

Hakekat Manusia Menurut Al-Qur’an

Menurut al-Qur’an manusia dikenal dalam tiga kata yang biasa diartikan sebagai manusia, yaitu al-basyar, an-nas, dan al-ins atau al-insan. Namun, jika ditinjau dari segi bahasa serta penjelasan Al Qur’an sendiri pengertian ketiga kata tersebut saling berbeda.  Al-Basyar adalah gambaran manusia secara materi, yang dapat dilihat, memakan sesuatu, berjalan, dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya. Manusia dalam pengertian ini terdapat dalam Al-Qur’an sebanyak 35 kali di berbagai surah. Dari pengertian-pengertian tersebut, 25 kali diantaranya berbicara tentang “kemanusiaan” para rasul dan nabi, 13 ayat di antaranya menggambarkannya polemik para rasul dan nabi dengan orang-orang kafir yang sisinya keengganan orang-orang kafir terhadap apa yang dibawa para rasul dan nabi karena menurut mereka para rasul itu adalah manusia seperti mereka juga, dan sejumlah ayat yang mengandung pengakuan bahwa memang rasul-rasul itu adalah manusia yang sama seperti manusia-manusia lainnya.

Allah SWT berfirman dalam surah al-Anbiya’ ayat 2-3 yang artinya : “Tidak datang kepada mereka suatu ayat Al-Qur’an pun yang baru (diturunkan) dari Tuhan mereka, melainkan mereka mendengarnya, sedang mereka bermain-main, (lagi) hati mereka dalam keadaan lalai. Dan mereka yang zalim itu merahasiakan pembicaraan mereka.

Orang ini tidak lain hanyalah seorang basyar (manusia) seperti kamu (jua), maka apakah kamu menerima sihir itu, padahal kamu menyaksikannya. Pengakuan rasul bahwa dia juga manusia dapat dilihat dalam surah al-Kahfi ayat 110 yang artinya : “katakanlah, sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Maha Esa”. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh, dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam  beribadat kepada Tuhannya”

PESAN SEKARANG

CARA PEMESANAN: Silahkan pesan dengan cara memilih salah satu di bawah ini. Akan segera saya kirimkan ke Email anda secepatnya setelah konfirmasi pembayaran melalui sms.

PILIH SALAH SATU SAJA
–> Isi Pulsa Rp 5,000 Ke Nomor 085730190092
–> Cara lain dapat mengisi pulsa elektrik Rp 5,000
Atau transfer uang Rp 5,000 ke:
–> BNI: 0152388419
–> Semua atas Nama: Rifaun Na’im
Pilih salah satu cara di atas, kemudian kirim konfirmasi pembayaran ke nomor 085730190092

MATERI INI TERDIRI DARI 3 HALAMAN BERUPA MS.WORD
SILAKAN PESAN SEKARANG HANYA RP 5,000

Mari, buruan sebelum harga kami naikkan dan terus naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Sudah 30 orang yang memesan materi ini sesuai judul di atas.

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: