Beranda > Materi kuliah > Proposal analisis dan perancangan pengolahan data pada bengkel motor

Proposal analisis dan perancangan pengolahan data pada bengkel motor

1. Latar Belakang Masalah
Semakin meningkatnya perhatian dan kepedulian organisasi – organisasi baik publik maupun swasta terhadap pengolahan informasi dan pengolahan data merupakan fenomena yang semakin tampak jelas menandakan dimulainya era informasi pada abad ini. Kecepatan dan ketepatan dalam pengelola dan penyajian informasi menjadi andalan bagi semua organisasi untuk menerapkan strategi peningkatan keefektifan, produktifitas dan efisiensi kinerja organisasi. Dan untuk semua itu diperlukan suatu pengolahan data yang handal, akurat, dan dapat ditampilkan secara cepat dan mudah setiap kali diperlukan khususnya dalam menangani permasalahan pengolahan data. Majunya dunia bisnis di dukung oleh pengolahan sistem informasi dan manajemen yang baik.

Dengan adanya sistem informasi yang lengkap, cepat dan akurat maka akan sangat mendukung pihak manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan dan langkah-langkah ke depan sehinggga dapat mengurangi resiko kerugian atau bahkan dapat memperkecil pengeluaran biaya. Keberhasilan suatu sistem informasi manajemen sangat dipengaruhi oleh sistem pengolahan data yang merupakan elemen penyusunan sistem tersebut. Semakin akurat dan mudah dalam menampilkan kembali data-data yang termuat dalam sistem pengolahan data, maka akan semakin meningkatkan kualitas organisasi tersebut. Tak terkecuali pada usaha Perbengkelan sebagai tempat pengelolaan administrator sebagai tempat memperoleh informasi. Kegiatan pengolahan data memiliki peranan yang penting dalam administratif sebagai pusat kegiatan dan sumber informasi dalam rangka melaksanakan kegiatan perancangan, penganalisa, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan laporan, secara tepat dan akurat. Sistem pengolahan data yang baik akan senantiasa dapat mengatasi pemasalahan dan menghasilkan suatu informasi yang cepat, tepat dan akurat.

Satu strategi yang dapat dilaksanakan dalam rangka memenuhi tuntutan dalam pelayanan perbengkelan adalah dengan menerapkan sistem informasi yang berbasis komputer atau penggunaan sistem komputerisasi sebagai alat pengolah data yang tepat dengan akses dan ketelitian maupun kecepatan tinggi dibanding akses kerja manual. Saat ini komputer merupakan perangkat canggih yang sangat dibutuhkan untuk melakukan proses pengolahan data secara efektif dan efisien dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan. Dengan informasi diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam pengolahan data. Sehingga pada akhirnya dapat membantu mempermudah dan memperlancar tugas dalam mengelola data  dalam bentuk sajian informasi.

2. Rumusan Masalah
Dalam perkembangan usaha perbengkelan selama ini dalam pemrosesan basis data pelayanan untuk database perbengkelan masih menggunakan sistem manual yaitu data-data tidak berada dalam project dan satu database yang terdiri dari beberapa tabel, sehingga tidak dapat diakses dalam sebuah informasi yang lengkap dan akurat. Pelayanan bengkel  yang di dalamnya memuat database yaitu diantaranya data perbaikan suku cadang, pembelian suku cadang, supplier, transaksi bengkel, pelanggan dan kendaraan. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan  permasalahan yaitu “Bagaimana membuat sebuah sistem informasi berbasiskan komputerisasi pada bengkel dalam mencatat semua transaksi dan membuat laporan serta menampilkan informasi dengan cepat, tepat, dan akurat?”

3. Batasan Masalah
Untuk menjawab pokok permasalahan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, adapun batasan-batasan masalahnya yaitu:

  1. Penekanan program ini adalah analisis system informasi untuk menentukan jumlah transaksi pembelian, servis, penjualan dan pencarian yang telah terjadi di dalam bengkel.
  2. Pembuatan laporan transaksi bengkel terdiri dari berbagai laporan meliputi laporan data pelanggan, laporan data perbaikan, laporan data transaksi bengkel, laporan data kendaraan, laporan data suku cadang, laporan data pembelian, laporan data supplier, serta nota transaksi bengkel untuk pelanggan dan nota pembelian suku cadang untuk supplier

4. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud perancangan system informasi ini adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai syarat untuk menyelesaikan program studi Sarjana-I pada jurusan Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta.
  2. Menerapkan ilmu dan teori-teori selama mengikuti pendidikan ke dalam aplikasi nyata secara praktis untuk membantu menyelesaikan permasalahan di dunia bisnis/perusahaan.

Adapun tujuan perancangan system informasi ini adalah sebagai berikut :

  1. Menerapkan sistem baru yang berbasiskan komputerisasi yang ditujukan untuk sebuah bengkel.
  2. Dapat mengembangkan sistem ini menjadi lebih handal dan user friendly sehingga dapat menjadi pilihan utama.

5. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian yang didapat adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan citra bengkel yang lebih baik.
  2. Mempermudah dalam pembuatan laporan.
  3. Memperoleh informasi yang lebih cepat, tepat dan akurat.
  4. Efektif dalam penyajian informasi.
  5. Meningkatkan kinerja karyawan.

6. Metodologi Penelitian
Metode penelitian yang dilakukan:

  1. Metode Wawancara Dengan mengajukan pertanyaan secara langsung kepada pemilik bengkel dengan berlandaskan pada tujuan penelitian dan objek yang diteliti.
  2. Metode Kepustakaan Metode ini untuk mendapatkan konsep-konsep teoritis dengan cara menganalisa data pada literatur (pustaka) dan media lain yang dapat membantu dalam pemecahan masalah.
  3. Metode Observasi Dengan melakukan survei langsung di lapangan, kemudian melakukan pencatatan dengan hasil survei tersebut.

7. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan skripsi ini dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut :

  1. BAB I Pendahuluan Dalam bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
  2. BAB II  Dasar Teori Dalam bab ini akan diuraikan teori-teori yang relevan dengan obyek penelitian yang digunakan sebagai dasar untuk pembahasan dan dijelaskan tentang pengenalan sistem, konsep dasar sistem, konsep dasar sistem pengolahan basis data,  software yang digunakan dan juga hardware yang direkomendasikan.
  3. BAB III Tinjauan Umum Pada bab ini di uraikan tentang sejarah singkat dan struktur organisasi.
  4. BAB IV Pembahasan Dalam bab ini akan memaparkan gambaran umum perusahaan, analisis sistem untuk mengindensikasi dan mengevaluasi masalah , representasi pengetahuan, perancangan sistem, perancangan database, rancangan antarmuka pengguna.
  5. BAB V Penutup Dalam bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan atas apa yang telah dikerjakan kemudian diakhiri dengan saran-saran untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Analisis PIECES

  1. Performance (kinerja), meningkatkan terhadap kinerja system yang baru sehingga menjadi lebih efektif. Kinerja dapat diukur dari throughput dan response time.Throughput adalah jumlah dari pekerjaan yang dapat dilakukan suatu saat tertentu. Response time adalah rata-rata waktu yang tertunda diantara dua transaksi atau pekerjaan ditambah dengan waktu response untuk menanggapi pekerjaan tersebut.
  2. Information (informasi), meningkatkan terhadap kualitas informasi yang disajikan.
  3. Economy (ekonomis), meningkatkan terhadap manfaat-manfaat atau keuntungan-keuntungan ataupun penurunan-penurunan biaya yang terjadi.
  4. Control (pengendalian), meningkatkan terhadap pengendalian untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan serta kecurangan yang dan akan terjadi.
  5. Efficiency (efisiensi), meningkatkan terhadap efisiensi operasi.
  6. Services (layanan), meningkatkan terhadap pelayanan yang diberikan oleh system.
About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: